Tuesday, June 16, 2015

Mastah, jangan tertawakan saya

tulisan ini sengaja saya tulis sekedar sharing disini yang mungkin merupakan realita dibeberapa grup pemograman diindonesia. terus terang sejak terjun ke dunia IT saya telah belajar beberapa tools (ini sudut pandang saya) seperti visual basic, delphi, PL/SQL, Oracle, T-SQl , PHP , Laravel, JQUery, EasyUI, Bootstrap, dan lainnya tetap saja saya merasa tetap seorang newbie jika melihat perkembangan teknologi yang bermunculan sekarang.

grup pemograman diindonesia biasanya bertujuan untuk media tempat saling bertanya, saling sharing dan belajar. namun kenyataannya yang saya perhatikan belakangan ini malah menjadi tempat untuk bully membully. memang terkadang pertanyaan yang diajukan bagi para pemula didunia pemograman terkadang tidak mengena sasaran sehingga terkadang banyak mastah yang tidak sabar dalam berkomentar dan memicu komentar-komentar sadis lainnya.



ada juga pertanyaan yang langsung dijawab dengan komentar intruksi googling dulu, seharusnya kedepankan berbaik sangka terhadap penanya, barangkali penanya sudah searching tapi tidak ketemu solusi atau salah dalam menggunakan keyword yang tepat. ada juga langsung yang memberikan link url sebagai jawaban padahal belum tentu sipenjawab sudah menggunakan sumber tersebut atau barangkali sipenanya malah sudah mencobanya dan tidak berhasil sehingga ia posting pertanyaan di grup.

tetapi masih bersyukurlah bagi para newbie yang bertanya seperti saya jika masih dapat komentar dari para mastah ketimbang hanya dapat banyak like dan postingan tenggelam tanpa ada jawaban atau petunjuk jawaban. dapat like juga masih bersyukur, paling tidak postingan jadi terangkat kembali. barangkali saat postingan posisinya diatas ada mastah yang melihat dan berbaik hati untuk mengomentari solusi pertanyaannya.

sedihnya posting pertanyaan jika tidak ada komentar dan like yang sudah pasti postingan tenggelam begitu saja tanpa hasil. mungkin mastah lelah dengan pertanyaan yang remeh-temeh seperti itu , mungkin mastah terlalu sibuk untuk menjawab pertanyaan. dan masih banyak mungkin yang lain, tapi jangan tertawakan mereka mastah jika bertanya demikian. saya yakin mastah bukanlah orang yang ahli disemua bidang. bisa jadi anda mastah dibidang pemograman yang menjadi tempat newbie bertanya, tapi bisa jadi disisi lain si newbie adalah mastah dibidang manajemen dan mastah bisa menjadi newbie disini...

inti penting dari posting ini adalah mengingatkan sebagai mahluk sosial, mastah dan newbie selalu hidup berdampingan. mastah hargailah newbie yang bertanya , dan newbie belajarlah bertanya yang benar kepada mastah, dan bisa newbie menjadi mastah suatu nanti ingatlah jangan pernah lakukan hal yang pernah mastah lakukan kepada anda sewaktu menjadi newbie...maju terus pemograman diindonesia...happy coding

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.