Monday, August 10, 2015

Lelahnya Coding..

Mengikuti perkembangan bahasa pemograman dan technology web development memang sudah sebagai suatu keharusan bagi web developer agar tetap bisa bertahan dibidang ini dengan ilmu-ilmu yang up to date. salah satu bahasa pemograman yang banyak penggiatnya ditanah air adalah PHP dimana PHP ini berkembang dari masa kemasa.. mulai dari pemograman terstruktur berkembang menjadi OOP, kemudian bekembang lagi design pattern. yang paling banyak digunakan untuk design pattern adalah MVC ( model view dan controller) . seiring dengan perkembangan tersebut ,maka bermunculan juga framework2 OOP dengan design pattern MVC seperti code igniter, prado, phalcon, yii, laravel, zend dan  masih banyak lagi sampai tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Perkembangan yang pesat tersebut maka mau tidak mau untuk mengetahui mereka kita harus memperlajari semua itu satu persatu, masalahnya perkembangan open source yang bisa dikembangkan saja , maka perkembangannya sangat cepat sekali. belum kita selesai mempelajari satu framework versi 1 maka sudah muncul versi 2, belum selesai mempelajari framework a sudah muncul framework b. begitu seterusnya sehingga sangat sulit sekali bagi developer untuk membagi waktu mempelajari itu semua. jika ingin mempelajari itu semua bisa dikatakan produktifitas kita menulis code atau membuat program maka akan menurun dengan catatan pengetahuan framework bertambah, tapi jika kita mengejar produktivitas maka pengetahuan akan banyak yang hilang.

pengalaman saya dengan framework yang groupnya lumayan berkembang diindonesia, saya menggunakan framework tersebut untuk mengerjakan project saya namun saya terkendala dengan masalah technical pada framework tersebut , project sudah pada tahapan 80% , mau dirubah maka banyak sekali yang dirubah.. waktu saya juga tidak banyak untuk merombak ulang semua kodenya. ini menjadi petaka bagi saya sehingga project tidak bisa diselesaikan tepat waktu hanya karena masalah ini.

ditambah saya tidak bisa mempelajari masalah technical ini dikarenakan waktu saya harus dibagi dengan schedule lainnya yang juga ketat, walhasil harus ada yang saya korbankan .. berani untuk mundur selangkah sehingga bisa melompat lebih jauh kedepan. waktu istrirahat, keluarga adalah suatu hal yang tidak bisa dilupakan..lelahnya coding..

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.