Friday, September 16, 2016

Mengatasi Error "Data provider or other service returned an E_FAIL status"

Sudah lama saya tidak koding menggunakan delphi, jadi ceritanya kemarin waktu koding bikin aplikasi downloader data dari distributor dalam bentuk csv. ketika saya melakukan perubahan kode di object adotable tiba2 saat coba setting properties active menjadi true muncullah error " data provider or other service returned an E_FAIL status".

singkat kata saya langsung browsing dan tanya tanya lewat group komunitas pemograman delphi di facebook, kebanyakan mengatakan ada masalah dengan driver mysqlnya. akhirnya saya coba untuk menginstall ulang odbc driver for mysql menjadi versi terbaru dan hasilnya sama saja.

akhirnya setelah mencoba sana sini saya mendapat ide untuk menghubungkan dengan tabel yang lain dan ternyata tidak muncul error tersebut , berarti ada maslah hanya pada tabel ini saja. kemudian saya buat tabel dengan struktur kode yang sama tapi tanpa data dan saya set properties activenya menjadi true, ternyata tidak muncul errornya. berarti error yang terjadi tidak disebabkan oleh driver, koneksi atau struktur data tetapi lebih ke datanya. akhirnya saya set semua tabel boleh diisi dengan null dan saya coba koneksikan lagi adotable dengan tabel tersebut dan saya set properties activenya menjadi true dan ternyata error tidak muncul. dan ternyata solusinya sangat mudah cukup diset null saja.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.