Wednesday, September 5, 2012

Merubah null menjadi 0 di sql

Tags

akhirnya setelah sekian lama gak pernah posting, karena ngurusi blog yang satunya lagi di nusamandiriportal.blogspot.com . saya sempatkan lagi untuk posting di blog ini kali ini saya mau sharing tentang bagaimana merubah hasil query yang berupa null menjadi 0. permasalahan yang muncul dari hasil query null adalah jika variabel lain yang berupa angka ditambahkan null hasilnya adalah null pula. untuk mengakalinya bisa lewat bahasa pemograman dicek jika variabelnya null maka variabelnya diisi dengan 0.

cara yang lebih simpel adalah dengan menambahkan fungsi isnull , fungsi isnull mengecek suatu variabel bernilai null atau tidak , jika bernilai null maka akan digantikan dengan angka yang kita definisikan. contoh penggunaannya :

select count(*) from barang where nama_barang like '%atk%';

jika tidak ada data yang mengandung nama barang atk, maka hasilnya adalah null , untuk merubahnya tinggal ditambahkan isnull seperti dibawah ini :

select isnull(count(*),0) from barang where nama_barang like '%atk%';
fungsi count (*) diatas digunakan untuk mencari banyaknya data, bisa digantikan dengan nama field, angka 0 adalah nilai yang diberikan jika hasil pencariannya adalah null.

sekian update  blog hari ini ....

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.