Tuesday, February 11, 2014

Mengecek duplikat data dengan SQL Query

senang sekali rasanya bisa menulis kembali dan sharing kepada teman teman, setelah sekian lama vakum akibat kesibukan. sebenarnya saat menulis ini pun sedang ada banyak project yang dikerjakan dan sangat melelahkan, untuk melepas kelelahan itulah saya ingin sedikit share agar saya juga bisa sedikit lebih rileks. oke langsung saja, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana mengatasi jika ada duplikat data seperti hasil query dibawah ini :

langkah pertama kamu harus tahu dulu data mana saja yang duplikat datanya : contoh dibawah ini data yang duplikat adalah field journal_id sehingga saya menggunakan perintah sql sebagai berikut :

"SELECT JOURNAL_ID,COUNT(JOURNAL_ID) FROM AP_JOURNAL GROUP BY JOURNAL_ID
HAVING COUNT(JOURNAL_ID)>1"


penjelasan diatas yaitu saya menselect field journal_id , dan menghitung jumlah dari journal_id  saya lakukan grouping untuk field journal_id kemudian saya menambahkan kriteria dimana jika jumlah journal_id nya lebih besar dari 1 maka itu ditampilkan karena jika jumlahnya lebih dari 1 maka nomornya duplikat. jika perintah tersebut dijalankan maka akan ditampilkan sebagai berikut dan anda mengetahui nomor journal mana saja yang duplikat.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.