Friday, March 21, 2014

Menampilkan data urut kedua dari query

Berikut ada kasus, saya ingin menampilkan dua data terakhir dari tabel berdasarkan nomor urutnya , dimana nanti dari hasil query yang didapat saya hanya ingin menampilkan satu data yang terakhir dari hasil query yang sudah saya dapatkan tadi. bisakah saya melakukannya hanya dengan sekali perintah query ?



Jawab :

Bisa ..!!!

step 1 . anda lakukan query diurutkan secara desc dengan limit 2 , karena kita hanya ingin mencari 2 data terakhir saja yang diurutkan secara desc. maka perintahnya sebagai berikut :

select kode_promo,title from reco_request order by kode_promo desc limit 2

*) contoh diatas saya hanya menampilkan 2 buah field saja

dari query diatas didapatkan hasil query seperti berikut ini :

query

step 2. oke sekarang kita sudah dapat 2 data terakhir, sekarang adalah menampilkan satu data terakhir dari hasil query diatas tersebut, caranya adalah dengan melakukan perintah select hanya saja di sini kita urutkan hasilnya secara asc sehingga yang tadinya posisi terakhir menjadi posisi awal, kemudian karena kita hanya akan menampilkan satu data saja maka ditambahkan perintah limit 1, maka perintah sqlnya menjadi seperti berikut :

SELECT kode_promo,title FROM (select kode_promo,title from reco_request order by kode_promo desc limit 2)as a order by kode_promo limit 1

hasil querynya adalah sebagai berikut ;

query2

sekarang kita sudah dapatkan hasilnya, silahkan di coba ya..... saran dan kritik bisa dikirimkan lewat komentar atau email di to.eko.triyanto@gmail.com

kunjungi juga blog saya yang lain : http://nusamandiriportal.blogspot.com

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.