Friday, November 28, 2014

menghilangkan spasi pada field mysql

Tags

Menghilangkan spasi pada field mysql adalah salah satu yang dilakukan jika data yang tersimpan didalam field suatu tabel terdapat spasi. hal ini bisa terjadi disebabkan beberapa kemungkinan , bisa terjadi karena penggunaan tipe data yang tidak benar contoh penggunaan tipe data char dan varchar. tipe data char dan varchar sebenarnya sama sama merupakan tipe data yang menyimpan nilai charakter atau string hanya saja perbedaannya adalah tipe data varchar hanya mengisi sebanyak panjang karakter data dari jumlah karakter yang disediakan . misalnya anda mengalokasikan 10 karakter untuk tipe data varchar, lalu anda menyimpan data hanya menggunakan tiga karakter, maka yang akan digunakan hanya 3 karakter saja di media penyimpannya tidak semua karakter yang disediakan.

Penyebab lainnya adalah dibagian user interface, misalnya anda tidak membatasi jumlah karakter yang diinputkan untuk kode dan input data lainnya sehingga memungkinkan user menekan tombol spasi yang kemudian saat proses penyimpanan ikut tersimpan didalam tabel.

akibat dari kesalahan kesalahan diatas adalah pencarian data bisa tidak akurat apalagi jika field tersebut digunakan sebagai indeks pencarian. misal dalam tabel tersimpan data "kode01" dengan "kode01 " ( lihat ada spasi ). ketika dilakukan pencarian untuk data "kode01" maka yang mengandung spasi bisa jadi tidak ikut ter select akibatnya data tidak akurat.

untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya mudah saja, tapi anda juga kedepannya harus memperbaiki dan memperhatikan dua contoh penyebab yang sudah saya utarakan diatas. untuk mengatasi permasalahan spasi dalam field database, caranya gunakan perintah replace(nama_field,' ' ,'') . penggunaan statementnya misalnya update nama_tbl set nama_field=replace(nama_field,' ','').

 

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.