Friday, November 7, 2014

Migrasi database MySQL ke SQL Server

Tags

Setelah pada artikel sebelumnya saya telah menulis bagaimana migrasi database dari SQL Server ke MySQL, kali ini saya akan menulis kelanjutan dari artikel tersebut yaitu cara Migrasi database dari Mysql ke SQL server.  sebenarnya cara untuk memigrasi atau memindahkan database dari satu DBMS ke DBMS lainnya ada banyak cara, kalau saya menyebutnya ini seni, tinggal creativitas kita saja menggunakan cara yang mana yang paling dianggap mudah atau menyenangkan. kerja harus dibuat senang ya walau sebagai seorang IT banyak tekanannya heeee.

langsung saja saya paparkan langkah langkahnya sebagai berikut :


  • download MySQL ODBC Connector 5.1, lalu install di pc anda. cara install dari MySQL ODBC Connector 5.1 tidak saya jelaskan disini, anda bisa baca artikelnya cara install MySQL ODBC Connecto 5.1.

  • buka ODBC anda yang terletak di  control panel-->Administrative tools , pilih System DSN , tekan tombol Add


Setup_ODBC1

  • Pada Create New Data Source pilih driver MySQL ODBC 5.1 driver  kemudian tekan tombol finish


Setup_ODBC2

  • setelah itu maka akan muncul MySQL connector /ODBC data source configuration, isi semua informasi mengenai koneksi database anda . pada contoh disini saya berikan nama odbcnya adalah MySQL, server berada di PC local jadi saya tulis localhost dengan port default 3306, masukan username , password, dan pilih database yang akan anda buat odbcnya. tekan tombol Test untuk meyakinkan bahwa koneksi melalui ODBC sudah berhasil.


Setup_ODBC3

  • langkah berikutnya buat koneksi di SQL server ke database MySQL anda dengan perintah sebagai berikut :



  • EXEC master.dbo.sp_addlinkedserver @server = N'MYSQL', @srvproduct=N'MySQL', @provider=N'MSDASQL', @provstr=N'DRIVER={MySQL ODBC 5.1 Driver}; SERVER=localhost; _ DATABASE=tigerdb; USER=root; PASSWORD=hejsan; OPTION=3'

  • perintah diatas akan menghasilkan link ke MySQl database melalui koneksi ODBC yang baru saja anda buat sebelumnya. link ini akan muncul di SQL Server Management Studio seperti gambar dibawah ini :


Create_link

  • langkah terakhir adalah mengimport data antara kedua database tadi yaitu mysql ke sql server, caranya adalah menuliskan sintaks sql sebagai berikut :


  • SELECT * INTO testMySQL.dbo.shoutbox FROM openquery(MYSQL, 'SELECT * FROM tigerdb.shoutbox')


  • maksud dari perintah diatas adalah memasukan ke tabel shoutbox yang ada di database testMySQL  SQL Server, datanya diperoleh dari tabel shoutbox database tigerdb MySQL melalui link yang bernama MYSQL yang kita buat tadi.


Oke kayanya cukup sampai disini saja , berhubung artikelnya sudah selesai. silahkan di coba dan berikan komentar dibawah artikel ini. seperti yang saya katakan diawal, migrasi database itu adalah seni, jadi mungkin para DBA lainnya memiliki caranya sendiri-sendiri.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.