Thursday, January 15, 2015

Membuat Controller di Laravel

Tags

Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web ( Wikipedia ).  kira-kira seperti itu pengertian dari controller, hanya saja di laravel sedikit unik, kita bisa tidak menggunakan controller untuk menghubungkan model dengan view ,kok bisa ? jawabnya bisa, kita bisa memanfaatkan routing di laravel. pembahasan tentang routing bisa anda baca artikel mengenai routing diblog saya.

langsung saja ke pembahasan membuat controller di laravel, berikut adalah perintah untuk menuliskan sebuah controller di laravel :

class BankController extends \BaseController {

}

Contoh kode diatas artinya saya membuat sebuah kontroller bernama "BankController" yang mengextends dari class "BaseController". dalam controller diatas belum berisi action apapun. simpan controller yang anda buat di directori "direktori_installasi laravel_anda\laravel\framework\app\controller\" .

sebenarnya ada cara yang lebih mudah membuat sebuah controller dilaravel yaitu menggunakan php artisan laravel, saya lebih menyukai cara yang kedua ini dan akan saya tulis pada artikel selanjutnya.

2 comments

[…] pada artikel sebelumnya kita membahas tentang cara membuat controller dilaravel secara manual, kali ini  kita akan membahas kembali cara membuat controller lanjutan dilaravel. […]

[…] Buatlah sebuah controller dengan nama app/controller/BarangController.php. jika anda belum mengerti cara membuat controller silahkan baca artikel cara membuat controller. […]

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.