Thursday, October 13, 2016

Apakah Framework ?

Dalam keseharian kita sebagai seorang developer mungkin kita sering mendengar istilah framework. namun kalau ditanya apa itu framework mungkin jawaban teman teman berbeda-beda dan jangan jangan ada yang garuk2 kepala karena emang gak bisa jelasin framework itu apa heee.

Apakah framework itu ? framework adalah kumpulan perintah atau fungsi dasar yang membentuk aturan-aturan tertentu dan saling berinteraksi satu sama lain sehingga dalam pembuatan aplikasi website, kita harus mengikuti aturan dari framework tersebut. dengan framework ( dalam hal ini framework PHP ) , kita tidak perlu memikirkan kode perintah/fungsi dasar dari aplikasi website kita. seperti bagaimana mengambil data dari database untuk ditampilkan. kita hanya memikirkan apa kode sql nya dan ditampilkan ke mana .hal hal penunjang lainnya seperti koneksi database, validasi form, GUI dan keamanan telah disediakan oleh framework sehingga jumlah baris kode yang kita buat jauh lebih sedikit dibandingkan jika semua kode dari kita. jadi keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan framework adalah :
  • waktu pembuatan aplikasi website kita jauh leibh singkat
  • kode aplikasi website menjadi lebih mudah dibaca, karena sedikit dan sifatnya pokok. detailnya adalah kode dari framework dan ini mungkin tidak perlu dipilirkan
  • website kita menjadi lebih mudah di maintenance
  • tidak perlu lagi membuat kode penunjang aplikasi website seperti koneksi database, validasi form , GUI dan keamanan
  • fokus ke pada proses business aplikasi websitenya
  • jika dikerjakan team work , maka akan lebih terarah karena system framework, mengharuskan adanya keteraturan peletakan kode. seprti bagian pengambilan database terpisah dengan bagian pengaturan tampilan untuk pengunjung.
jadi intinya banyak keuntungan yang dapat diperoleh , terutama bagi developer web yang selalu dihantui waktu deadline proyek websitenya. tidak selesai waktunya sesuai target, klien akan kecewa dan mungkin akan lari ke developer lain. jika anda bresikeras membuat website dari nol kode, maka akan butuh banyak waktu dan pasti akan ketinggalan dengan teman anda yang menggunakan framework.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.