Wednesday, July 1, 2015

Memasukan data excel ke database MySQL, SQL Server atau Oracle

Tags

Pada artikel yang pernah saya bahas sebelumnya yaitu tentang migrasi dari database mysql ke sql server, hal ini berhubungan dengan memindahkan data atau memasukan data ke suatu database dari sumber database lainnya. nah pada tutorial kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran tips and trik yang cukup mudah dan sederhana tapi sangat membantu yang selama ini saya rasakan.

Pernah ketemu kasus anda harus memasukan data dalam bentuk format excel ke database server ? kasus kali ini berbeda ya dengan yang sudah saya berikan pada artikel kemarin. oke, langsung saja caranya saya akan bahas step by step.

buka data dalam bentuk format excel .

1

data yang kita buka adalah data contoh saja ya , jadi jangan berpikir ko dikit banget heee. dalam kondisi realnya bisa ribuan bahkan jutaan dengan banyak field.  oke sekarang kita akan coba memasukan data tersebut kedalam database dengan perintah SQL. cara membuat perintah sqlnya sangat mudah . teorinya seperti ini misalkan saya ingin memasukan baris 2 data excel ke tabel barang dengan field yang sama, maka perintah seperti berikut :

insert into tabel_barang(id_barang,nama_barang)values('P001','PENSIL');

Maksudnya kita tulis scriptnya satu2 gitu buat masukin kedatabase ??? Ya enggaklah, kurang kerjaan banget.  caranya begini : pertama pada kolom C2 ketikan perintah insert into tabel_barang(id_barang,nama_barang)values( arahkan dulu kursornya berada pada cell D2 kemudian ketikan rumus =concatenate("'",concatenate(A2,"',")), maka nanti hasilnya adalah 'P001',  . lanjutkan ke cell E2 dengan mengetikan rumus =concatenate("'",concatenate(B2,"');"), maka nanti hasilnya adalah 'PENSIL'); . mengapa perintah yang kedua berbeda, ini karena pada akhir perintah inser ditutup dengan tanda ); . paham kan, atau masih bingung ??

langkah terakhir adalah menggabungkan kolom C,D dan E sehingga menjadi suatu perintah sql yang utuh. silahkan letakan kursor dikolom F kemudian masukan rumus =concatenate(C2,concatenate(D2,E2)). setelah itu copy semua rumus C2,D2,E2 dan F2 kebawahnya sehingga hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini :

1

hasil query sql yang terbentuk di kolom F adalah sebagai berikut :

insert into tabel_barang(id_barang,nama_barang)values('P001','PENSIL');

insert into tabel_barang(id_barang,nama_barang)values('P002','PENGHAPUS');

insert into tabel_barang(id_barang,nama_barang)values('P003','BUKU');

apabila perintah tersebut dijalankan dieditor SQL database maka secara otomatis akan memasukan data kedalam tabel_barang. sekian dulu tips triknya hari ini semoga bermanfaat.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.