Tuesday, October 14, 2008

Copy isi tabel dengan SQL

Tags

Perintah perintah SQL adalah perintah yang biasa kita gunakan dalam manajemen data. DML merupakan salah satu bahasa yang ada dalam SQL, yang biasanya kita gunakan untuk menambahkan data baru, mengedit data yang sudah ada dan terakhir menghapus data yang tidak terpakai. kali ini saya akan memaparkan bagaimana caranya mengcopy isi tabel dengan perintah SQL dengan beberapa kasus :

1. struktur file pada tabel sumber sama dengan struktur file tabel target, misalkan kita memiliki 2 buah tabel yaitu barang_asal dan barang_tujuan, dimana tabel barang_tujuan sebagai sumber data yang akan kita copy isi recordnya ke tabel barang_tujuan yang masih kosong. perintah SQL nya adalah sebagai berikut :

insert into barang_tujuan select * from barang_asal [where] [kriteria];

2. struktur file pada tabel sumber tidak sama dengan struktur file tabel target, misalkan kita memiliki 2 buah tabel yaitu barang_asal dengan field ( kode_barang,nama_barang, stok_barang,satuan) dan barang_tujuan dengan field(kode_barang, stok_barang,satuan). jika kasusnya seperti ini maka perintah SQL nya sebagai berikut:

insert into barang_tujuan select kode_barang,stok_barang,satuan from barang_asal [where][kriteria];

contoh perintah-perintah diatas hanya untuk satu tabel, silahkan di kembangkan misalnya yang diinsert ke suatu tabel berdasarkan perintah select dari lebih satu tabel.

7 comments

Script ini sangat berguna utk mengarsipkan tabel asal.... dn mngarsipkn ke tabel tujuan....
mantap mantap

bener2 jos gndos, thnks bro

terimakasih gan sudah berkunjung dimari...

[…] iya begitu kamu sudah terhubung dengan server lain kamu bisa melakukan copy data dari tabel lain ke tabel lainnya walau berbeda server seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya , hanya tinggal dimodifikasi […]

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.