Tuesday, January 20, 2015

Menghitung Usia dengan MySQL

Seringkali dalam pembuatan suatu aplikasi pastinya memerlukan data master seperti pelanggan, karyawan dan sebagainya dimana data master tersebut memiliki atribut atau field yang berhubungan dengan tanggal lahir. pada artikel kali ini kita akan membahas tentang menghitung usia dengan mysql. perhitungan usia ini biasanya dibutuhkan dalam hal pembuatan laporan, entah itu laporan karyawan atau laporan lainnya.

Perhitungan usia dan yang berhubungan dengan waktu biasanya seringkali digunakan dalam aplikasi yang proses bisnisnya seperti pensiun hari tua, koperasi simpan pinjam, asuransi dan lain lain untuk menghitung umur pesertanya.

baik langsung saja kita praktekan . langkah awal adalah buat tabel peserta dengan field nama_peserta(varchar 255) dan fioeld tanggal_lahir ( date ). lalu isikan data contohnya seperti gambar dibawah ini :

Untitled

disini kita sudah mendapatkan sebuah tabel berikut dengan isinya. sekarang kita akan menghitung umur dari masing masing peserta. rumus untuk menghitungnya adalah tanggal hari ini dikurangi dengan tanggal lahir yang ada dalam tabel. untuk cara mendapatkan usianya didalam mysql , silahkan anda ketikan perintah sebagai berikut :

SELECT nama_peserta,tanggal_lahir,year(curdate())-year(tanggal_lahir)as usia FROM `pesertas` WHERE 1

hasil dari query diatas adalah sebagai berikut :

Untitled

sekian artikel kita kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.