Wednesday, July 1, 2015

Bagaimana Query data dari database berbeda dan server berbeda ( SQL Server )

Tags

Sudah lama rasanya saya tidak update artikel diblog ini, sekarang saatnya saya akan bagikan tips yang mungkin suatu saat bisa berguna bagi rekan-rekan. kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana menampilkan data dari database. kalian tentu sudah tahu perintahnya menggunakan apa ? ya, benar sekali dengan menggunakan perintah "select"  , cara penggunaannya adalah select * from nama_tabel.

oke, sampai disini mudah bukan?? nah khusus mengenai artikel kali ini saya ingin tambahkan tantangannya, bagaimana caranya kalian menselect data dari database yang berbeda ? caranya cukup mudah saja yaitu dengan menambahkan nama databasenya sebelum nama tabel , perintahnya menjadi select * from [database].[dbo].nama_tabel.

gimana mudah kan?? oke kita tambahkan lagi ya tantangannya, sekarang bagaimana caranya kalau kalian harus mengakses data dari database yang berbeda diserver SQL yang berbeda. caranya mudah sekali tambahkan perintah berikut ini pada sql management studio,

EXEC sp_addlinkedserver @server='Servername'
EXEC sp_addlinkedsrvlogin 'Servername', 'false', NULL, 'username', 'password@123'

untuk servername diganti dengan nama server sql server yang mau kita akses, kemudian usernam dan password sesuaikan dengan username dan password server sql yang akan diakses. kemudian jalankan perintah tersebut.  kalau perintah tersebut sudah berhasil dijalankan maka untuk mengakses tabel dari database dan server yang berbeda , perintahnya adalah select * from namaserver.namadatabase.dbo.namatabel. mudah sekali bukan, gak ada yang sulit.

oh iya begitu kamu sudah terhubung dengan server lain kamu bisa melakukan copy data dari tabel lain ke tabel lainnya walau berbeda server seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya , hanya tinggal dimodifikasi seperti yang sudah diuraikan pada artikel ini.

1 comments so far

[…] format excel ke database server ? kasus kali ini berbeda ya dengan yang sudah saya berikan pada artikel kemarin. oke, langsung saja caranya saya akan bahas step by […]

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.