Sunday, October 5, 2008

Petuah untuk murah rezeki dan dijauhkan kesulitan

Tags

Artikel ini penulis dapatkan dari email <yuliartati@yahoo.com> , penulis hanya ingin membantu menyampaikan pesan ini lewat blog agar bisa dibaca oleh khalayak umum. :


--- In PENGAJIAN-KANTOR@ yahoogroups. com, "rieta" <rit-smg@... > wrote:



Petuah untuk murah rezeki dan dijauhkan kesulitan

Abu Yazid Al Busthami, pelopor sufi, pada suatu hari pernah didatangi
seorang lelaki yang wajahnya kusam dan keningnya selalu berkerut.Dengan
murung lelaki itu mengadu,"Tuan Guru, sepanjang hidup saya, rasanya tak
pernah lepas saya beribadah kepada Allah. Orang lain sudah lelap, saya
masih bermunajat. Isteri saya belum bangun, saya sudah mengaji. Saya juga
bukan pemalas yang enggan mencari rezeki. Tetapi mengapa saya selalu
malang
dan kehidupan saya penuh kesulitan?"


Sang Guru menjawab sederhana, "Perbaiki penampilanmu dan rubahlah roman
mukamu. Kau tahu, Rasulullah SAW adalah penduduk dunia yang miskin namun
wajahnya tak pernah keruh dan selalu ceria. Sebab menurut Rasulullah SAW,
salah satu tanda penghuni neraka ialah muka masam yang membuat orang
curiga
kepadanya." Lelaki itu tertunduk. Ia pun berjanji akan memperbaiki
penampilannya.

Mulai hari itu, wajahnya senantiasa berseri. Setiap kesedihan diterima
dengan sabar, tanpa mengeluh. Alhamdullilah sesudah itu ia tak pernah
datang
lagi untuk berkeluh kesah. Keserasian selalu dijaga. Sikapnya
ramah,wajahnya senantiasa mengulum senyum bersahabat. Roman mukanya
berseri.

Tak heran jika Imam Hasan Al Basri berpendapat, awal keberhasilan suatu
pekerjaan adalah roman muka yang ramah dan penuh senyum.Bahkan Rasulullah
SAW menegaskan, senyum adalah sedekah paling murah tetapi paling besar
pahalanya.

Demikian pula seorang suami atau seorang isteri. Alangkah celakanya rumah
tangga jika suami isteri selalu berwajah tegang. Begitu juga celakanya
persahabatan sekiranya dikalangan mereka saling tidak berteguran.
Sebab tak
ada persoalan yang diselesaikan dengan mudah melalui kekeruhan dan
ketegangan. Dalam hati yang tenang, pikiran yang dingin dan wajah cerah,
Insya Allah, apapun persoalannya nescaya dapat diatasi. Inilah yang
dinamakan keluarga sakinah, yang didalamnya penuh dengan cinta dan kasih
sayang.

Anda ingin beramal soleh...? Tolong kirimkan kepada rekan-rekan muslim
lainnya yang anda kenal.

--- End forwarded message ---

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.