Wednesday, April 2, 2014

Mengenal Business Intelegent QlickView

Pernah dengar program dashboard ? program dashboard identik sekali dengan tools untuk analysa data dalam bentuk tabel, graph atau report. tools tersebut sering kita sebut dengan Business Intelegent atau disingkat BI. program BI sendiri ada yang berbayar dan ada yang open source seperti qlickview , pentaho, openBI dan masih banyak lagi. tapi karena opensource terdapat batasan-batasan untuk bisa menggunakan fitur tertentu, maka penggunaan tools tersebut jadi tidak efektif .

Sebagai contoh qlickview untuk versi desktop adalah free tapi hanya bisa digunakan disatu device/PC  dan tidak bisa didistribusikan ke device lain jika tidak membeli license . hal ini dikarenakan saat kita membuat file qlickview maka informasi dari device dan informasi komputer kita juga tersimpan disini. tanpa licence kita juga tidak bisa menggunakan document qvw dari server atau ftp.

menggunakan qlickview sangat simple terdiri dari beberapa step saja dan anda sudah bisa mendapatkan dashboard analysis. langkah-langkahnya adalah loading data dari sumber bisa berupa data excel, csv, data source, dbf,qvw.  langkah selanjutnya adalah create document qlickview, loading data ke qlickview kemudian design dashboard... hanya dengan langkah tersebut anda sudah mendapatkan dashboard.

membuat dashboard pada qlickview juga sangat mudah, hanya tinggal klik dan drag saja. tools-tools sudah disediakan oleh qlickview sehingga kita tinggal menggunakannya saja.

qlickview bisa juga menggunakan sebuah server qlickview sehingga kita bisa menggunakan data dan document yang sama. cukup sekali develop dashboard kemudian data akan di refresh tiap waktu tertentu. dengan cara ini anda bisa mendapatkan data yang selalu update dan dimana saja dengan device apa saja, dengan catatan harus pakai license ya .....

 

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.