Tuesday, July 15, 2014

Inti dari Internet

Belakangan setelah beredarnya berita bahwa negara israel menyerang warga palestine, banyak sekali yang geram. berbagai aksi pun bermunculan dari mulai aksi turun kejalan demo ke kedutaan israel, penggalangan dana bantuan kemanusiaan, bakar lilin tengah malam, deklarasi sumbangan , pengiriman relawan, sampai aksi meretas situs-situs milik israel.

yang saya mau tulis disini bukan mau mengkritisi atau menyalahkan tapi sekedar mengingatkan salah satu aksi terakhir diatas yang saya sebutkan. ramai ramai seruan dari sebuah comunity untuk melakukan peretasan bersama situs-situs israel, retas disini kebanyakan melakukan deface pada situs tersebut dengan menuliskan hacked by "xxxx" atau "identitas_samaran hacker". satu hal yang mereka lupakan adalah inti dari internet itu sendiri.

inti yang pertama adalah identitas, dalam jaringan internet komputer atau pc anda yang terhubung memiliki identitas atau pengenal yang unik, tanpa anda sebutkan siapa anda, hal ini akan masih bisa dilacak. dalam teknik hacking memang sang penyerang akan menyembunyikan identitasnya sebelum menyerang tapi pertanyaannya apakah benar2 aman dan tidak akan ditrace. ingat apa yang anda lakukan akan tetap bisa di trace walaupun anda sudah menghapusnya. lain dengan penyerang, yang diserang berusaha untuk mengungkap identitas sipelaku yang menghack sistemnya. jadi disini terlihat seni dari si penyerang dan yang diserang dalam hal saling menyembunyikan dan mengungkap identitas masing masing.

yang kedua adanya jaringan, seperti kita ketahui internet adalah jaringan yang sangat luas yang menghubungkan seluruh jaringan diseluruh dunia sehingga satu dengan yang lainnya bisa berkomunikasi dan terhubung. tanpa ini mustahil internet ada.

yang ketiga adalah content atau data. content atau data yang bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui publik ini mengundang para hacker untuk mencuri informasi.

dari ketiga inti diatas yang saya tekankan adalah identitas, hati-hati dalam melakukan serangan hacking bisa jadi saat anda melakukan scanning dan menemukan sebuah vulnerability dan melakukan serangan kevulnerability tersebut, malah PC/Laptop anda yang disisipkan trojan yang akan merekam aktifitas anda, mengakses dan mengaktifkan webcam yang bisa digunakan sebagai bukti atau pengungkapan identitas si hacker.

mungkin sekian dulu artikel singkat ini , karena keterbatasan saya dalam dunia hacking hanya sebatas curhatan saja. happy hacking dan jangan sampai kebongkar identitas....

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.