Wednesday, March 25, 2015

Membuat combobox atau dropdownlist dengan laravel part 2

Tags

kalau pada artikel sebelumnya saya pernah menulis bagaimana membuat combobox atau dropdownlist dengan laravel versi data static , pada artikel ini saya akan lanjutkan bagaimana cara membuat drowdown atau combobox dengan data yang berasal dari tabel . oke langsung saja ikuti artikelnya step by step :

buatlah sebuah database dengan nama "dbcontoh". untuk memudahkan silahkan gunakan phpmyadmin. kemudian buatlah sebuah tabel dengan struktur sebagai berikut : id    ( int , autoincrement, primary key),nama_barang (varchar 255). beri nama tabel dengan nama "barangs" .

pada contoh kali ini saya menggunakan field "id" sesuai dengan ketentuan laravel untuk penamaan field primary key nya. jika anda tidak ingin menggunakan "id" silahkan baca cara menggunakan primary key selain id di laravel.

setelah tabel database dan tabel contoh kita miliki, silahkan koneksikan laravel dengan database difile app/config/database.php. ( silahkan baca cara koneksi database laravel ).

selanjutnya buatlah sebuah model eloquent barang, kemudian simpan di app/model/barang.php .jika anda belum tahu bagaimana cara membuat model silahkan baca artikel cara membuat model eloquent di laravel.

<?php

class Barang Extends Eloquent{

}

Buatlah sebuah controller dengan nama app/controller/BarangController.php. jika anda belum mengerti cara membuat controller silahkan baca artikel cara membuat controller.

<?php namespace App\Http\Controllers;

class WelcomeController extends Controller {

      public function index(){

                $barang = Barang::all();

                return View::make('barang')->with('barang',$barang);

      }

}

langkah terakhir yaitu menampilkan data sebagai combobox dengan cara buatlah sebuah file view di app/view/barang.blade.php , kemudian tuliskan kode berikut ini :

{{ Form::open('route_tertentu') }}

{{ Form::select('id',$barang ) }}

{{ Form::close() }}

yang terakhir lakukan routing di app/route.php agar begitu ketika orang mengakses url http://localhost/laravel/public/ maka akan muncul halaman combobox dinamis. tuliskan perintah Route::get('/','BarangController');

sampai disini selesai artikel kita kali ini .

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.