Wednesday, October 7, 2009

57 tahun lalu barcode ditemukan

57 tahun lalu sebuah tekhnologi identifikasi otomatis dan data kolektif berhasil ditemukan dan dipatenkan oleh Josept woodland dan Bernard Silver. awalnya kode batangan ini digambarkan sebagai sebuah lingkaran target yang terbuat dari sekumpulan lingkaran yang terpusat. namun disesuaikan dengan namanya barcode kini terdiri dari garis garis hitam tebal tipis yang sejatinya terangkai atas sebuah kata atau bilangan.

berawal dari perusahaan retail makanan yang menanyakan kepada Drexel institute mengenai kemungkinan adanya metode  yang dapat digunakan untuk membuat data dan informasi produk secara kolektif. Drexel institute kemudian meminta kepada mahasiswanya , Bernard silver dan josept woodland menyanggupinya dengan dasar inspirasi penggunaan tinta yang sensitif terhadap cahaya ultraviolet .

barcode diperkenalkan pada tahun 1966, dan pada tahun 1970 standar barcode pertama datang dari universal grocery products identification code (UGPIC) besutan perusahaan logicon.inc . Perusahaan yang pertama kali berhasil memproduksi barcode untuk perdagangan retail adalah Monarc marking. sedangkan barcode untuk kepentingan industri di produksi oleh perusahaan inggris bernama plessey Telecomunication.
untuk menghargai penemuan yang penting bagi umat manusia inilah logo google  hari ini berubah

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.