Thursday, October 16, 2014

Belajar Laravel dari Laracast

Tags

Anda Programmer PHP yang ingin pindah menggunakan framework Laravel. mungkin setelah sekian lama anda membangun sebuah aplikasi web yang melelahkan, butuh waktu yang lebih banyak untuk menuliskan kode-kode program sehingga aplikasi terbentuk, anda masih harus pikirkan dari segi efisiensi , performane , bugs dan security dari aplikasi yang anda buat.

Framework laravel adalah jawabannya untuk anda saat ini . dengan menggunakan laravel ini apalagi anda sudah memahami tentang PHP OOP maka saya yakin anda tidak akan mengalami kesulitan untuk belajar menggunakan framework ini. untuk belajar laravel anda bisa dengan membaca dokumentasinya langsung di situs laravel, belajar dari ebook asing , belajar laravel dengan tutorial bahasa indonesia , belajar laravel dari blog


selain cara yang saya sebutkan diatas, anda juga bisa belajar laravel dari laracast , yaitu situs belajar laravel untuk pemula dengan menggunakan video tutorial. apa saja yang dibahas pada video belajar disitus ini , mari kita tengok materinya satu persatu dibawah ini :

Installation , disini anda akan belajar bagaimana cara melakukan installasi pada laravel, menyiapkan project, menggunakan composer, installasi langsung dengan framework laravel yang di zip dan lain lain.

M-V-Huh, video yang membahas tentang design pattern yang digunakan framework ini , MVC singkatan dari model view dan controller.

Models, adalah bagian dari MVC yang menangani database, biasanya nama class pada model laravel bersifat singular sendangkan nama tabelnya adalah plural. contoh model buku tabelnya bukus.

Database Access, video yang membahas tentang bagaimana database itu diakses bisa dengan eloquent orm, db builder, dan lain lain.

Eloquent Basic, adalah dasar dari penggunaan salah satu database access menggunakan eloquent.

Blade Basic, salah satu keunggulan yang ditawarkan laravel sehingga membuat kode lebih bersih, menulis kode lebih efisien untuk para programmer. untuk menggunakan blade anda cukup tambahkan blade pada nama file php anda , contoh index.blade.php

Master Pages, salah satu keunggulan pemanfaatan blade sebagai template sehingga bisa digunakan berulang ulang sebagai master halaman.

From Closure to controller , memudahkan kita memanage routing dengan menggunakan controller, controller disini juga berfungsi sebagai tempat menyimpan atau memproses logika dari framework laravel.

Resourceful routing, anda tidak perlu menuliskan routing satu persatu untuk aplikasi CRUD dilaravel , gunakan fungsi Route::resource untuk menuliskan routing, secara otomatis routing untuk index, create, store, edit, update, delete terbentuk tanpa harus anda ketikan satu persatu dalam routing. 

Form , cara penulisan form menggunakan laravel. dengan blade penulisan form pada laravel menjadi lebih mudah dan simpel untuk digunakan. penulisan kodenya pun jadi lebih bersih.

Record Creation, video yang mengajarkan bagaimana cara melakukan penyimpanan atau update data dengan menggunakan framework larave.

Validation, video ini menunjukan bagaimana cara menerapkan rule pada setiap input form dalam aplikasi apakah input form itu tidak boleh kosong, pembatasan karakter yang diinput dan sebagainya.

Refactoring 

Preparing your database, adalah video yang menunjukan pada anda bagaimana membuat sebuah database dengan php artisan .

Authentication , adalah video yang menunjukan anda cara membuat authentikasi pada laravel.

Goodbye,

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.