Friday, October 10, 2014

Fungsi ShowMessage() Pada Delphi

Tags

Dalam membuat aplikasi sangat dianjurkan bisa berinteraksi dengan user yang menggunakan aplikasi tersebut. aplikasi harus mampu memberitahu penguna jika terjadi sesuai atau ada informasi dan kejadian tertentu di dalam aplikasi sehingga pengguna tidak kebingungan, salah satu komunikasi antara pengguna aplikasi dengan aplikasi itu sendiri dengan menampilkan pesan yang muncul pada saat pengguna melakukan suatu tindakan tertentu.

sebagai contoh misalnya saya melakukan penginputan data kemudian menekan tombol simpan yang ada pada aplikasi, setelah proses ini tidak ada informasi apa apa , maka pengguna akan kebingungan dalam berpikir apakah tindakan yang dia lakukan berhasil atau tidak . diamnya aplikasi bisa jadi menandakan beberapa hal misalnya saja aplikasi tidak merespon perintah pengguna, aplikasi sedang memproses tindakan yang dilakukan pengguna atau aplikasi sudah selesai mengeksekusi tindakan dari pengguna. tentu sangat membingungkan bukan kalau tidak adanya interaksi antara aplikasi dan pengguna.

Pemograman delphi memiliki beberapa fungsi untuk menampilkan pesan diantaranya ShowMessage dan MessageDlg. untuk show message hanya menampilkan string saja tanpa ada atribut lainnya, sedangkan dengan MessageDLG mampu menampilkan pesan dengan logo informasi, confirmasi, warning, error dan sebagainya.

Perintah untuk menampilkan pesan dengan menggunakan fungsi ShowMessage() adalah sebagai berikut :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
         ShowMessage('Hello Word');
end;

perintah diatas akan menampilkan pesan "Hello Word" jika dijalankan .

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.