Friday, October 10, 2014

Tips Membuat Tugas Presentasi Dari E-Book Berbahasa Asing Bagi Yang Sibuk

Tags

Perkuliahan semester sudah dimulai sejak 3 minggu lalu, sebagai mahasiswa pascasarjana tentu sudah berbeda cara belajarnya. banyak tugas-tugas yang diberikan dosen mulai dari mengkritik thesis atau artikel lain, membuat laporan seminar serta melakukan presentasi materi dari e-book berbahasa asing.

mungkin dahulu kita tidak begitu mempermasalahkan saat mengikuti perkuliahan di S1 karena belum banyak kesibukan dan masih banyak waktu luang. namun sekarang ini tentu berbeda karena kita juga semakin sibuk dengan pekerjaan, keluarga dan lain sebagainya sehingga harus pintar pintar dalam mengatur dan menggunakan waktu yang padat tersebut.

salah satu tugas yang paling sering diberikan adalah presentasi dari ebook berbahasa asing, bahasa asing memang suatu keharusan bagi mahasiswa pasca sarjana. sekarang ini memang kita sangat terbantu dengan kehadiran google translate, namun untuk membuka dan mentranslate materi perlu membuka laptop dan koneksi internet. saya yakin anda tidak punya banyak waktu untuk fokus melakukan terjemahan materi tersebut sebelum anda buat presentasi.

sebelumnya saya juga tersiksa dengan cara diatas karena tidak mungkin saya lakukan dikantor karena akan menggangu pekerjaan saya, dirumahpun tentu saya tidak ingin kehilangan momen bersama keluarga. akhirnya saya menggunakan cara sebagai berikut : saat ada waktu saya cetak atau print semua materi dari ebook yang akan di presentasikan, kemudian smartphone android saya install aplikasi kamus . langkah ini sebenarnya saya gunakan agar saya bisa mentranslate materi dimana saja contohnya saat menunggu kereta datang saya bisa sambil duduk dan menerjemahkan kata2 yang tidak saya ketahui artinya dengan menggunakan aplikasi kamus yang saya install di android tadi , sambil saya garis bawahi point2 apa saja yang harus di presentasikan. saya yakin sedikit demi sedikit akan selesai dan bahan2 atau point2 yang harus di masukan di presentasi siap. 

langkah terakhir untuk membuat presentasi anda bisa lakukan dengan membuka laptop, tentu saja waktu yang anda butuhkan untuk membuat presentasi akan jauh lebih cepat karena anda sudah mengetahui poin poin apa saja yang dimasukan ke dalam slide. jika anda tidak mau membuka laptop anda juga bisa gunakan perangkat mobile lainnya seperti tablet kemudian gunakan aplikasi untuk android untuk membuat slide presentasi.

dengan langkah diatas maka anda tetap bisa mengerjakan tugas presentasi anda dengan memaksimalkan pemanfaatan waktu untuk hal hal yang tidak begitu penting misalnya menunggu kereta di stasiun, saat didalam bus, atau chating ngobrol gak jelas di group. 

demikian sharing dari saya mudah-mudahan bermanfaat.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.