Wednesday, October 8, 2014

Lulus Sekolah , Kuliah dimana ?

Tags

Sudah lama sekali tidak pernah mengisi content blog ini jadi kangen ingin menulis lagi.biasanya saya menulis di blog ini artikel artikel yang behubungan dengan bahasa pemograman atau seputar teknis masalah ilmu komputer. kali ini saya akan menulis pengalaman banyaknya kebingungan ketika masa kelulusan sudah dekat dengan anda yang ada di tingkat SLTA.

Lulus sekolah atau UAN tentu senang bukan kepalang, entah itu kalian lulus dengan didera oleh banyaknya pemberitaan miring tentang ujian akhir nasional yang penuh kecurangan dan trik trik kotor, yang jelas anda lulus. sekarang yang anda harus lakukan adalah memilih untuk melanjutkan kehidupan ke arah yang mana? apakah akan langsung bekerja atau kuliah. saran saya sih lebih baik kuliah dahulu kalau memang orang tua mampu untuk membiayai, disamping kalian bisa lebih fokus juga tidak buang buang waktu dan menguras tenaga. beda halnya jika kalian memang sudah terpepet buat hidup, mau tidak mau bekerja dulu syukur2 nanti bisa kuliah.
 

Jumat malam kemarin saya mengikuti kuliah tentang IT Strategy and management ada bagian yang dibahas tentang perbandingan bisnis kampus itu sendiri , ada yang memang bersaing untuk target atas ada pula yang bermain untuk target bawah. jadi kampus2 tersebut tidak bisa bersaing jika tidak memiliki satu target bisnis yang sama. contoh BSI adalah sebuah kampus dan UI juga sebuah kampus , apakah mereka bersaing satu dengan lain ? tentu tidak jawabnya.., kok bisa begitu ? lah iya lah walau sama sama dibidang pendidikan tapi target mereka berbeda , contoh UI menyiapkan lulusan untuk jurusan yang sama misalkan jurusan ilmu komputer dengan target dan segment dunia kerja yang lebih bonafit atau manajerial sedangkan BSI targetnya masih di level bawah sehingga lulusannya pun  kebanyakan diserap oleh perusahaan2 yang biasa biasa saja. ini hanya sebagai contoh tanpa ingin menjatuhkan atau mengunggulkan kampus ya heee.

balik lagi ke topik awal, mau kuliah dimana ? jawabnya tergantung anda mau jadi apa nantinya,jika anda memiliki target yang cukup tinggi carilah kampus yang memiliki target tinggi juga, tentu saja keinginan ini harus di imbangi dengan kemampuan finasial anda. jika memang dirasa belum cukup finansial anda bisa memilih opsi kedua.  saya cukupkan artikel kali ini mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.


silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.