Monday, March 28, 2016

Mengatasi Error mb_detect_encoding() saat mengakses PHPMyAdmin

Disore yang cerah ini saya ingin menuliskan artikel mengenai error yang terjadi di PHPMyadmin, tiba-tiba saja saat mengakses phpmyadmin dari browser muncul pesan error "Fatal Error: Call to undefined function mb_detect_encoding() in c:\apache\htdocs\phpmyadmin\libraries\php-gettext.inc on line 177".

Saya lakukan browsing terkait dengan error yang saya hadapi, tetapi jawabannya berbeda-beda untuk problem solving yang diberikan. ada yang bisa diselesaikan dengan uncommect perintah extension_dir = "ext" di file php.ini. ada yang disuruh mengecek dll di folder "xampp\php\ext" lalu disesuaikan dengan file php.ini.

semuanya jawaban benar semua walaupun kondisional. dari beberapa jawaban tersebut dapat disimpulkan untuk mengatasi error tersebut silahkan ikuti langkah-langkah berikut :


  1. pastikan directory extention ada.

  2. buka file php/php.ini kemudian cek semua yang berkaitan dengan alamat load directory apakah sudah uncomment ( defaultnya biasanya sudah ). cek alamat directory nya sudah merujuk ke directory yang ada tempat menaruh extention.

  3. restart apache.


hanya dengan 3 langkah diatas masalah tersebut sudah bisa diatasi.

 

 

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.