Tuesday, October 21, 2014

Pemukiman Liar disepanjang Pasar Senen Menghilang ?

Tags

Pagi ini seperti biasa dan tetap setia naik KRL commuter line Bekasi-Jatinegara transit Jatinegara -Kemayoran. jangan ditanya seperti apa suasana didalam rangkaian kereta sepanjang 8 kereta. ya tetap padat dan berdesakan sekali.

tidak ada yang aneh pagi ini , sambil membaca update berita terbaru melalui smartphones sampai saya rasakan ada yang berbeda saat mulai memasuki stasiun pasar senen sebelum perlintasan kereta. pemukiman liar yang ada disepanjang jalur kereta api semuanya sudah rata, kemana mereka pergi. apakah digusur paksa atau rela meninggalkan pemukimannya agar kota menjadi tertib dan rapih? kalau opsi kedua sepertinya hampir tidak mungkin, kemungkinan terbesar adalah digusur paksa oleh pamong praja. 
rasa penasaran saya membuat saya mencari berita terkait dengan pembongkaran melalui google, namun sayang sekali hampir tidak ada berita tentang pembongkaran pemukiman liar di stasiun pasar senen ini , yang saya termukan hanya berita pembongkaran distasiun tanah abang yang diberitakn oleh detik :

http://news.detik.com/read/2014/08/08/160216/2657041/10/forum.detik.com/pt-kai-bongkar-pemukiman-liar-di-sepanjang-stasiun-tanah-abang

Padahal setiap pagi ketika kereta akan memasukin stasiun pasar senen , kereta akan selalu berhenti menunggu perlintasan tertutup dan tidak ada kendaraan yang lewat. saat itulah saya melihat aktifitas mereka dari balik kaca commuter line. sungguh terlihat sekali kehidupan mereka yang begitu miskin, tinggal hanya ditempat yang sangat sempit dan bangunan yang terdiri dari terpal-terpal dengan air yang seadanya. sangat miris sekali melihat masih ada kehidupan seperti itu di bumi indonesia ini.
Mereka adalah warga negara indonesia yang miskin terdiri dari orang tua, dewasa , anak anak dan balita.yang secara jelas dalam UUD 45 pasal 34 harusnya menjadi tanggung jawab negara. selama ini negara dianggap lalai  menjalankan tanggung jawab ini. solusi untuk pemukiman liar ini hanyalah pembongkaran paksa oleh pamong praja dan parahnya lagi kalau lihat yang diberitakan oleh detik TNI pun ikut andil dalam melakukan pembongkaran.

pemerintahan yang lama kini sdah berganti dengan pemerintahan baru, harapan kepada pemerintahan baru agar bisa mengatasi masalah ini yang dari tahun ke tahun tiada pernah habisnya. agar kedepannya tidak ada lagi berita tentang pemukiman liar yang menghilang atau di bongkar paksa tapi berita "pemukiman liar sudah tidak ada karena semua sudah sejahtera".

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.