Tuesday, November 4, 2014

Mengeluh cuma buat mereka yang lemah

Tags


Mengeluh cuma buat mereka yang lemah , mungkin ini yang saya katakan untuk mereka yang sering mengeluh. setelah satu semester berjalan mengikuti pendidikan pascasarjana mulai tampaklah karakter asli dari masing masing mahasiswa yang belajar disini. karakter yang timbul biasanya selaras atau sejalan dengan kebiasaan kehidupan masing masing entah dari pekerjaan atau keseharian.

kembali ke tujuan untuk apa melanjutkan studi pascasarjana , masing masing punya tujuannya masing masing. ada yang hanya mengharapkan ijasah untuk kenaikan pangkat, ada yang karena ikatan dinas ada yang untuk mengejar karir dan sebagainya. 

dalam perkualiah kami biasanya dosen memilih metode belajar yang mengedepankan skill komunikasi yaitu selama dua semester ini kami lebih banyak melakukan mengkaji ebook dan paper kemudian dipresentasikan. sungguh aneh memang masih ada yang mengeluh dengan cara ini , tanpa bisa melihat tujuan dari dosen yang memilih metode belajar dengan cara ini. 

bagi saya melihat tujuan dosen memilih metode ini adalah agar kita semakin matang dan berani untuk berbicara , pandai mengkaji keilmuan dan penelitian yang sudah dilakukan agar kita kedepannya bisa mengambil manfaat dari penelitian itu sendiri atau suatu saat kita melakukan penelitian. mahasiswa diberikan tugas masing masing dari seluruh bagian dari ebook atau paper. tujuannya adalah agar memudahkan dan meringankan kerja mahasiswa yang tadinya individual menjadi berkelompok dan fokus pada tugasnya masing masing sehingga hasilnya maksimal dan di presentasikan ke mahasiswa lain untuk dipahami. jika seluruh mahasiswa mampu memahami dan menshare ke teman2 yang lain maka satu mahasiswa akan menguasai seluruh kajian yang dilakukan seluruh mahasiswa walaupun hanya fokus mengkaji dan memahami topik tertentu saja. 

saya pikir inilah alasannya tidak perlu mengeluh, mengeluh hanya buat mereka yang lemah karena lemahnya niat untuk belajar . semoga menjadi pelajaran dan hikmah bagi kita agar senantiasa belajar dan mengikuti intruksi belajar yang diberikan, karena salah satu kunci mendapatkan ilmu pengetahuan adalah dengan menghormati guru kita yaitu dosen.

silahkan isi komentar anda disini
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.